Gedung-Gedung Tinggi Ikon Kota-Kota di Indonesia

Kamis, 26 Mei 20160 komentar

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan semakin padatnya kota-kota besar di Indonesia, pembangunan gedung-gedung vertikal kini menjadi sebuah kebutuhan. Dengan pembangunan gedung-gedung secara vertikal, maka penggunaan lahan dapat lebih dioptimalkan. Tren pembangunan gedung-gedung tinggi kini tidak hanya didominasi oleh Jakarta dan Surabaya, tetapi juga sudah menjamur di berbagai kota besar lainnya, bahkan hingga ke ibukota kabupaten. Gedung-gedung tinggi yang berkumpul di sebuah kota akan membentuk skyline kota tersebut.
Dari deretan gedung yang ada di suatu kota, biasanya ada gedung-gedung tertentu yang dianggap sebagai ikon kota yang bersangkutan. Setiap melihat gedung tersebut, maka orang bisa langsung menebak skyline kota manakah yang sedang ia lihat. Suatu gedung dapat menjadi ciri khas kota, baik karena ketinggiannya, keunikan bentuknya, ataupun lokasinya. Setelah membaca sana-sini dan sedikit meminta masukan dari warga kotanya masing-masing, berikut ini saya rangkum beberapa gedung yang menjadi ikon di 10 kota besar di Indonesia.

1.      Wisma 46, Jakarta

Sumber: bozhart-skyscrapercity.com

Wisma 46 merupakan sebuah gedung perkantoran yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Gedung yang dibuka pada tahun 1996 ini memiliki 51 lantai dengan ketinggian 262 meter. Wisma 46 sempat menjadi gedung tertinggi di indonesia dalam waktu yang cukup lama. Meskipun kini tidak lagi menjadi gedung tertinggi se-Indonesia, tetapi keunikan bentuk gedung ini membuatnya tetap layak menyandang predikat sebagai ikon kota Jakarta.

2.      Tunjungan Plaza 5, Surabaya

Sumber: aslisuroboyo

Tunjungan Plaza atau biasa disingkat TP merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Saat ini TP memiliki 5 bagian, yakni TP 1, 2, 3, 4, dan 5. TP 1 dibuka pada tahun 1986 sementara TP 5 baru dibuka pada tahun 2015 dan akan menyusul  TP 6 yang saat ini masih under construction. TP 5 yang memiliki 50 lantai ini merupakan gedung pertama di Surabaya yang menembus ketinggian 200 meter. Dengan bentuknya yang ciamik dan ketinggiannya yang memecahkan rekor tersebut, pantaslah bila gedung ini disebut sebagai ikon kota Surabaya.

3.      BRI Tower, Bandung

Sumber: yusikom-pinterest.com

BRI Tower terletak di Jl Asia Afrika, tepat di seberang alun-alun Bandung. Pada saat dibuka pada tahun 1986, gedung berlantai 16 ini merupakan gedung tertinggi di Kota Bandung. Meskipun kini gedung-gedung pencakar langit yang jauh lebih tinggi sudah banyak menjamur di Kota Bandung, kekhasan gedung ini tetap menjadikannya layak disebut sebagai ikon kota Bandung.

4.      Hotel JW Marriot, Medan

Sumber: boraspati.com

Hotel JW Marriot Medan dengan 28 lantainya merupakan gedung tertinggi di Kota Medan. Bentuk gedung ini juga cukup khas sehingga layak disebut sebagai ikon kota Medan. Semenjak dipindahkannya operasi penerbangan sipil dari Lanud Suwondo (dulu Bandara Polonia) yang berada di pusat kota ke Bandara Kualanamu di Deli Serdang,  perkembangan gedung pencakar langit di Medan semakin pesat. Saat ini sedang dibangun beberapa gedung pencakar langit lain yang lebih tinggi daripada hotel JW Marriot ini. Dalam beberapa tahun ke depan predikat ikon kota Medan mungkin akan dipegang oleh salah satu dari gedung baru tersebut.

5.      Hotel Ciputra, Semarang

Sumber: tripadvisor.com

Hotel Ciputra Semarang sebenarnya tidak begitu tinggi, yakni hanya 12 lantai. Namun, warna oranyenya yang khas dan bentuknya yang simetris, serta ditunjang dengan lokasinya yang berada tepat di Simpang Lima membuatnya sejak lama menyandang predikat sebagai ikon Kota Semarang.

6.      Phinisi Tower, Makassar

Sumber: rafsan jamal - flickr.com

Phinisi Tower adalah gedung milik Universitas Negeri Makassar (UNM). Gedung ini memiliki bentuk yang unik, karena dibuat melengkung mengadopsi bentuk layar kapal phinisi. Gedung berlantai 20 ini sebenarnya sangat iconic, tetapi karena lokasinya agak jauh dari pantai sehingga sering tidak tampak dalam foto-foto skyline Makassar yang banyak diambil dari laut.   

7.      Alila Hotel, Solo


Alila Hotel Solo terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 562, Solo. Gedung yang baru selesai dibangun pada tahun 2015 ini dibangun dengan mengadopsi konsep punden berundak atau candi. Alila Hotel memiliki 28 lantai dengan ketinggian mencapai 124 meter. Sebagai gedung tertinggi di Solo dan juga di Jawa Tengah berikut bentuknya yang unik tersebut, membuatnya pantas disebut sebagai ikon kota Solo.

8.      Menara Dang Merdu, Pekanbaru

Sumber: rhenaldi khaesar kumara

Menara Dang Merdu terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Gedung yang dibuka pada tahun 2012 ini memiliki 16 lantai dan merupakan kantor pusat Bank Riau Kepri. Meskipun terdapat gedung yang lebih tinggi di dekatnya, yakni The Peak dengan tinggi 27 lantai, tetapi kekhasan bentuk Menara Dang Merdu ini tetap membuatnya layak menjadi ikon kota Pekanbaru.

9.      Menara Bahtera, Balikpapan

Sumber: ChazTumbelaka-skyscrapercity.com

Menara Bahtera merupakan bangunan hotel dan apartemen yang terletak di Jalan Gajah Mada, Balikpapan. Gedung yang memiliki 21 lantai ini merupakan gedung tertinggi di Kalimantan bagian Indonesia.

10.  Lagoon Tamansari, Manado

Sumber: rovers-skyscrapercity.com

Lagoon Tamansari adalah bangunan apartemen dan condotel di Kawasan Bahu, Boulevard Manado. Letaknya yang tepat di tepi pantai membuat gedung ini tampak tinggi menjulang bila dilihat dari laut. Gedung yang memiliki 28 lantai ini juga merupakan gedung tertinggi di Kota Manado.
Share this article :

Posting Komentar

Monggo bagi yang mau berkomentar, silakan mengisi kotak di bawah ini :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yusuf Abdurrohman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger